Laman

Rabu, 03 Oktober 2018

Menu Di Microsoft Word 2003 part 1

MENU-MENU YANG ADA DI MICROSOFT OFFICE WORD 2003

Anda pasti mengenal Microsoft Word tapi belum tentu anda mengenal menu yang ada di dalamnnya, karena ada banyak sekali submenu yang ada di Microsoft Word. Berikut menu yang ada di dalam Microsoft Word :
  1. Menu File, Sub Menu File
    1. New : Membuka dokumen baru yang masih kosong
    2. Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
    3. Close : Menutup dokumen
    4. Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
    5. Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
    6. Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
    7. Search : Mencari teks tertentu dari suatu file
    8. Versions : Untuk mengetahui versi Microsoft Office Word
    9. Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
    10. Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
    11. Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
    12. Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
    13. Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
    14. Properties : Mengetahui beberapa keterangan mengenai properties dokumen
    15. Exit : menutup program Microsoft Office word
  2. Menu Edit, Sub Menu Edit
    1. Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
    2. Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
    3. Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
    4. Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
    5. Office Clipboard : Membuka isi clipboard
    6. Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
    7. Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
    8. Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
    9. Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
    10. Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
    11. Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
    12. Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
    13. Go To : Menuju ke halaman
    14. Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
    15. Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
  3. Menu View, Sub Menu View
    1. Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
    2. Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
    3. Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
    4. Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
    5. Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
    6. Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
    7. Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
    8. Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
    9. Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
    10. Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
    11. Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
    12. Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
    13. Mark up : Menampilkan toolbar markup
    14. Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
    15. Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
  4. Menu Insert, Sub Menu Insert
    1. Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
    2. Page Numbers : Memberi nomor halaman
    3. Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
    4. Autotext : Menyisipkan kata
    5. Field : Menyisipkan field
    6. Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
    7. Comment : Menyisipkan komentar
    8. Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
    9. Web Component : Menyisipkan komponen dari web
    10. Picture : Menyisipkan gambar
    11. Diagram : Menyisipkan diagram
    12. Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu ke dalam dokumen aktif
    13. File : Menampilkan toolbar markup
    14. Object : Menyisipkan object ke dalam dokumen
    15. Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
    16. Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
    17. Menu Format, Sub Menu Format
    18. Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek huruf yang diinginkan.
    19. Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif.
    20. Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih.
    21. Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran.
    22. Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom.
    23. Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen.
    24. Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph.
    25. Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik.
    26. Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya.
    27. Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat.
    28. Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen.
    29. Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web.
    30. Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame.
    31. Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru.
    32. Style and Formating : Mengubah style dan format.
    33. Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.
    34. Object : Memformat suatu objek.
  5. Menu Tools, Sub Menu Tools
    1. Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
    2. paragraf dalam sebuah dokumen
    3. Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa.
    4. Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
    5. Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
    6. Speech : Mengubah pembicaraan melalui mikrofon menjadi teks, atau sebaliknya.
    7. Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya.
    8. Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya.
    9. Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen.
    10. Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet.
    11. Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard.
    12. Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri.
    13. Template and add-ins : Mengatur tampilan template.
    14. AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis.
    15. Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan.
    16. Options : Perintah untuk melakukan pengaturan  yaitu View, Edit, Print, Save, User, Information, Compatibility, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
  6. Menu Table, Sub Menu Table
    1. Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel.
    2. Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
    3. Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
    4. Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
    5. Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
    6. Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
    7. Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
    8. Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Microsoft Office Word
    9. AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
    10. Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
    11. Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
    12. Sort : Mengurutkan data atau teks
    13. Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Microsoft Office Word
    14. Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
    15. Table Properties : Menampilkan kotak dialog Table Properties
  7. Menu Window, Sub Menu Window
    1. New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
    2. Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
    3. Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
    4. Daftar dokumen yang sedang dibuka
Segera bergabung : - kursus bahasa Inggris - kursus komputer dengan: Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ( LPIA ); Alamat LPIA Margonda Jl. Margonda Raya, No.91C (dekat lampu merah flyover pertigaan Arief Rahman Hakim atau depan Autopart Ramanda Depok, sebelah Solite Furniture dan ATTIN TOUR); Kelurahan: Pancoran Mas; Kecamatan : Pancoran Mas; Kota: Depok; Po Box: 16431; Telepon LPIA Depok : (021) 7774443