Laman

Sabtu, 07 November 2020

MENU COMMAND CENTER MYOB

MENU COMMAND CENTER MYOB VERSI 18

Menu pada Command Centre terdiri atas :
  1. Accounts
    Menu Accounts adalah komponen utama dari sistem program akuntansi perusahaan MYOB, yang merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukan saldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum. Dalam menu ACCOUNT, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
    • Account List : untuk melihat/menambah/mengubah/menghapus daftar akun-akun perusahaan.
    • Record Journal Entry : untuk mencatat transaksi jurnal umum, seperti transaksi-transaksi penyesuaian.
    • Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal.
    • Transfer money : Sub menu ini digunakan untuk memindahkan atau mentransfer saldo petty cash (kas kecil) ke Cash In bank atau sebaliknya dari Cash in Bank ke Petty Cash
       
  2. Banking
    Menu Banking berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, listrik, telepon, pembayaran gaji, dan lain-lain. Dalam menu BANKING, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
    • Spend Money : untuk mencatat transaksi mengeluarkan uang dari bank guna keperluan usaha, selain untuk transaksi pelunasan hutang. Transaksi yang dicatat dalam Spend Money, seperti transaksi : 
      • Pembelian Perlengkapan, 
      • membayar beban-beban, 
      • dan lain-lain.
    • Receive Money : untuk mencatat transaksi penerimaan uang, selain pelunasan piutang dari pelanggan. Transaksi yang dicatat dalam Receive Money, seperti transaksi : Penerimaan pinjaman uang, penerimaan setoran modal, pendapatan bunga dari bank, penjualan aktiva selain persediaan barang, dan lain-lain.
    • Prepare Bank Deposit : untuk mencatat proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya.
    • Bank Register : untuk melihat mutasi setiap kas di bank dan dapat menambahkan transaksi perbankan.
    • Reconcile Account : untuk melakukan rekonsiliasi bank secara manual, seperti rekonsiliasi kas/bank, piutang dagang, dan hutang dagang.
    • Print Cheque : untuk mencetak cek yang telah dibuat.
    • Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal yang dibuat melalui banking.
  3. Sales
    Menu Sales berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan.
    • Sales register : Dapat melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
    • Enter sales : Dapat mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
    • Receive payments : Dapat mencatat penerimaan dari penjualan dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan.
    • Print statements : Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar.
    • Print invoices : Dapat mencetak faktur-faktur penjualan yang anda catat di sales – new service.
    • Transaction journal : Dapat melihat rincian jurnal pada tabulasi sales.
  4. Time Billing
    Menu Time Billing dipakai untuk menghitung penjualan. pembelian, yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. misalnya : biaya konsultasi manajemen per jam, penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan.
    • Activities list : Dapat membuat informasi yang dilakukan perusahaan.
    • Enter activity slip : Dapat mencatat slip aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai catatan atau arsip.
    • Activity log : Dapat menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat oleh perusahaan.
    • Prepare time billing invoice : Dapat mencetak faktur-faktur penagihan untuk pelanggan.
    • Transaction journal : Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi sales.
  5. Purchase
    Purchase untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
    • Prepare electronic payment : Dapat memproses pembayaran atas pembelian.
    • Enter purchase : Dapat mencatat transaksi pembelian yang sedang berlangsung baik secara tunai maupu kredit.
    • Paybills : Dapat mencatat pembayaran-pembayaran dari pembelian yang belum terbayar (utang usaha) kepada pemasok.
    • Print Purchase Orders : Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
    • Print Cheque : Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran utang, serta retur pembelian.
    • Purchase register : Dapat melihat hasil pencatatan pembayaran pembelian, dan retur pembelian.
    • Transaction journal : Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi purchase.
  6. Payroll
    Payroll dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan, bulanan.
    • Payroll categories : Dapat membuat dan mengedit kategori-kategori gaji.
    • Pay employee : Dapat mencatat dan mengedit gaji karyawan.
    • Print paycheque : Dapat mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian.
    • Print payment summaries : Dapat mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
    • Prepare electric payments : Dapat memproses pembayaran karyawan, utang, dan pembayaran lain yang melalui cek.
    • Transaction journal : Dapat melihat rincian jurnal pembayaran atau penagihan dari pelanggan pada tabulasi disbursement.
  7. Inventory
    Inventory dipakai untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga persediaan, memasukan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagang, dan penerbitan laporan terkait.
    • Set item prices : Digunakan untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan ( termasuk keuntungan ).
    • Item list : Digunakan untuk melihat barang-barang persediaan.
    • Count inventory : Digunakan untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan.
    • Adjust inventory : Digunakan untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan.
    • Transfer inventory : Digunakan untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan.
    • Auto-build inventory : Digunakan untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen.
    • Transaction journal : Digunakan untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan.
    • Item register : Digunakan untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.
  8. Card File
    Card FIle berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus dan mengelompokan catatan individu dan perusahaan. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan/customer dan pemasok/supplier anda, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok.
    • Card list : Digunakan untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan dengan bisnis anda dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah anda buat.
    • Contact log : Dapat melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan.
    • Print mailing labels : Dapat menetapkan dan mencetak file mailing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu.
    • Create personalized letters : Dapat membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.
Referensi:
http://myob.com/


Segera bergabung : - kursus bahasa Inggris - kursus komputer dengan: Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ( LPIA ); Alamat LPIA Margonda Jl. Margonda Raya, No.91C (dekat lampu merah flyover pertigaan Arief Rahman Hakim atau depan Autopart Ramanda Depok, sebelah Solite Furniture dan ATTIN TOUR); Kelurahan: Pancoran Mas; Kecamatan : Pancoran Mas; Kota: Depok; Po Box: 16431; Telepon LPIA Depok : (021) 7774443