Sabtu, 01 Maret 2014

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java

Cara pembuatan aplikasi kalkulator menggunakan java GUI (Graphical User Interface).

  • buat project baru pada editor Netbeans, caranya buka Netbeans, File – New project – java – java application – tuliskan nama – hilangkan centangan creating main class – dan finish


  • buat sebuah class jFrame, class ini dimana tempat dimana kita akan mendesain dan membuat aplikasi kalkulator dengan java. Caranya : klik kanan pada project aplikasi – new – jFrame From- tuliskan nama dan finish
  • desain tampilan kalkulator sesuai dengan keinginan, buatlah desain kalkulator sederhana seperti dibawah ini.
Desain kalkulator sederhana di netbeans 


  • Deklarasikan dulu semua variabel yang dibutuhkan, contohnya seperti berikut :
    String bil;
    double jumlah,bil1,bil2;
    int pilih;
  • Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
    klik kanan pada komponen yang akan di modify >  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )

  • Agar sesuai dengan pemrograman yang sudah kita buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, Java bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi pemrograman.


  • langkah ini akan kita bahas cara memfungsikan semua tombol yang ada dalam desain aplikasi kita. Caranya klik kanan pada tombol yang diinginkan pilih Event – action -action performed atau bisa juga dengan mengklik 2 kali pada tombol yang diinginkan. berikut adalah syntax yang digunakan untuk memfungsikan semua tombol pada aplikasi kita.
  • ok berikut syntax untuk masing- masing tombol :
  • kalo aplikasinya di run maka seperti berikut lah kira-kira akan muncul :
  • setiap tombol yang di klik maka akan memunculkan fungsi yang sudah dimasukkan dalam syntax di atas. kecuali pada tombol penjumlahan, pengurangan, kali, bagi, dan sama dengan.
  • membuat fungsi aritmatika pada kalkulator java
    sama halnya dengan membuat fungsi tombol untuk angka di atas, namun syntax untuk fungsinya berbeda. berikut syntax yang digunakan untuk fungsi aritmatika :
ketika tombol operasi nya di klik maka akan dimunculkan operasi mana yang akan dilakukan, tambah misalkan.

ini merupakan langkah terakhir, membuat fungsi untuk melakukan perhitungan. fungsi ini di letakkan dalam tombol (=) sama dengan. berikut syntax yang saya gunakan untuk melakukan operasi aritmatika :




Menjalankan Aplikasi


Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run > Run Project atau Run File.

oke, selesai sudah tutorial pembelajaran java cara membuat kalkulator dengan java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!