Selasa, 29 September 2020

fungsi define dalam PHP

Pada bahasa pemrograman PHP ada sebuah fungsi yang bernama “define”. Fungsi “define” adalah untuk mendefinisikan konstanta. Misalnya kita akan mendefinisikan bahwa nasi adalah “makanan khas Indonesia”.  Format fungsi define adalah sebagai berikut :

define(name,value,case_insensitive)

Jadi ada tiga parameter dalam fungsi define, yaitu 

  • name adalah parameter nama konstanta yang akan didefinisikan.
  • value adalah parameter isi/arti dari sesuatu yang didefinisikan.
  • case_insensitive adalah nilai boolean untuk penulisan definisi (TRUE/FALSE). Jika bernilai TRUE, maka pada pemanggilan definisi tidak akan case sensitive.  Catatan, untuk parameter ketiga boleh tidak diisi.
Untuk lebih jelas, kita langsung ke contoh :

<?php

define(“nasi”, “makanan khas Indonesia”);

echo nasi; // output “makanan khas Indonesia”

echo Nasi; // output “Nasi”

?>

Dari contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa fungsi define bisa juga diisi hanya dengan dua parameter. Namun ketika parameter ketiga tidak diisi maka si parameter ketiga dianggap bernilai FALSE, maka pemanggilan nama fungsi jadi Case Sensitive (harus persis sesuai dengan penulisan ketika pendefinisian). Hasil echo NASI tidak sama dengan Nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!