Senin, 02 Desember 2019

Apa Itu Microsoft Visual Basic


Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai Visual Basic atau VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman dari Microsoft. Visual Basic menawarkan software Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. Visual Basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan di Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an. Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer. Hingga akhirnya Visual Basic juga telah berkembang menjadi beberapa versi. Pemrograman Visual Basic begitu mudah bagi pemula. Seperti bahasa pemrograman BASIC, Visual Basic dirancang dengan alur belajar yang mudah. Pemrogram dapat membuat aplikasi GUI yang sederhana dan kompleks. Pemrograman dalam Visual Basic (VB) adalah kombinasi pengaturan component secara visual atau control pada (windows) form, menentukan atribut dan tindakan untuk komponen-komponen Visual Basic, dan menulis baris kode tambahan untuk fungsionalitas yang lebih banyak. Karena VB mendefinisikan atribut dan tindakan default untuk komponen, programmer dapat mengembangkan program sederhana tanpa menulis banyak kode. Program yang dibangun dengan versi sebelumnya mengalami masalah kinerja, tetapi komputer yang lebih cepat dan kompilasi code asli telah membuat masalah ini berkurang. Walaupun program Visual Basic (VB) dapat di compile menjadi native code executables mulai dari Visual Basic versi 5 tetap memerlukan pustaka runtime. Pustaka runtime inti disertakan secara default di beberapa Microsoft Windows, tetapi komponen runtime yang ditambahkan masih harus dipasang. Ada beberapa Versi Microsoft Windows mengharuskan pustaka runtime didistribusikan dengan executable. Visual Basic adalah salah satu alat paling populer untuk mengembangkan dan menyusun aplikasi pada Microsoft Windows. Visual Basic memungkinkan Anda untuk mengkompilasi aplikasi yang dikembangkan sebagai file yang dapat dieksekusi. Seperti alat pemrograman lain yang serupa, antarmuka / interface  sederhana, dengan beberapa elemen, seperti progress bar, label, dan tombol. Anda dapat menyeret masing-masing ke form untuk mengedit property dan menyesuaikan modul pemrograman.
BASIC (Beginners' All-purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Perintah-perintahnya mirip dengan penggunaan bahasa sehari-hari (Inggris). Perusahaan-perusahaan software memproduksi bahasa BASIC dengan versi yang berbeda seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, dan IBM BASICA.
Perbedaan antara Visual Basic dengan bahasa BASIC adalah pemrograman BASIC masih berorientasi pada text dan program dieksekusi secara berurutan. Untuk itu bahasa BASIC disebut sebagai Interpreter. Sedangkan dalam Visual Basic dengan lingkungan grafiknya, pemrograman berorientasi object dan sudah merupakan compiler. Visual Basic program terdiri dari banyak sub program (prosedur), dimana setiap prosedur mempunyai kode tersendiri dan dapat dieksekusi sendiri dan pada saat yang bersamaan dapat digabungkan menjadi satu.

referensi:
https://docs.microsoft.com/
https://www.microsoft.com/
https://microsoft-visual-basic.en.softonic.com
https://www.wikipedia.org/

Kursus LPIA:

Segera bergabung : - kursus bahasa Inggris - kursus komputer dengan: Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ( LPIA ); Alamat LPIA Margonda Jl. Margonda Raya, No.91C (dekat lampu merah flyover pertigaan Arief Rahman Hakim atau depan Autopart Ramanda Depok, sebelah Solite Furniture dan ATTIN TOUR); Kelurahan: Pancoran Mas; Kecamatan : Pancoran Mas; Kota: Depok; Po Box: 16431; Telepon LPIA Depok : (021) 7774443

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!