Kamis, 19 Desember 2019

Include dalam PHP 1

PHP memiliki kemampuan untuk menyertakan file php lainnya ke dalam suatu program PHP. PHP memiliki beberapa fungsi untuk menyertakan suatu file yaitu include(), require(), include_once() dan require_once(). Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang fungsi php tentang include().
Fungsi include() akan menyertakan dan mengevaluasi seluruh program yang ada di file yang disertakan. Jika terdapat error pada program php yang disertakan, maka error akan ditampilkan di layar. Dan jika file yang disertakan ternyata tidak ditemukan (mungkin karena lokasi yang salah atau memang file tidak ada), maka program php selanjutnya (setelah include) akan tetap dijalankan walaupun ditampilkan error. Perhatikan contoh program koneksi.php sederhana berikut ini. Dan berikut ini program test.php yang akan menyertakan file koneksi.php di atas menggunakan fungsi include()



    <?php

    include "conn/koneksi.php";

    echo "Program setelah koneksi";

    ?>

Jika program test.php di atas dijalankan dan file koneksi.php berjalan dengan baik dan tidak ada error maka akan ditampilkan text "Program setelah koneksi" tanpa adanya error. Namun jika pada file koneksi.php ternyata tidak ditemukan, maka tulisan "Program setelah koneksi" tetap ditampilkan walaupun disertai error yang disebabkan karena file koneksi.php tidak ditemukan.

Referensi:
http://www.php.net/
https://achmatim.net/

Kursus LPIA:


Segera bergabung : - kursus bahasa Inggris - kursus komputer dengan: Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ( LPIA );

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!