Rabu, 21 November 2018

Option Explicit dalam Visual Basic 6

Option Explicit diletakan di bagian paling atas pemrograman Visual Basic 6 atau di bagian general. Perintah atau statement Option Explicit di Visual Basic 6 juga berlaku sama di bahasa pemrograman Visual Basic .Net. Fungsi perintah Option Explicit untuk memaksa programmer mendeklarasikan semua variabel, sebelum variabel tersebut digunakan. Dengan Option Explicit akan sangat membantu programmer dalam mengurangi kesalahan dan mengetahui letak kesalahan atau debug.

Di bawah ini merupakan contoh kode program Visual Basic 6 yang belum menggunakan perintah Option Explicit dalam Visual Basic 6.

Private Sub Form_Load()   
 MsgBox i
   i = 1
End Sub



Ketika program di run maka MessageBox akan menampilkan MessageBox kosong. Kemudian ketikkan Option Explicit di bagian paling atas di luar Private Sub Form_Load().
Option Explicit
Private Sub Form_Load()   
 MsgBox i
   i = 1
End Sub


Setelah itu runing lagi programnya maka akan muncul pesan kesalahan “Variable not defined” yang berarti bahwa variabel tidak atau belum didefinisikan. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan Option Explicit, programmer Visual Basic 6 jadi mengetahui letak kesalahan atau error.

Kursus LPIA:

Property Umum Pada Control Visual Basic 6
Visual Basic 6 Tools & Visual Basic 6 Addons
Klasifikasi Akun Dalam MYOB versi 19
Pengertian MYOB
Menu Di Microsoft Word 2003 part 1
Apa itu Visual Basic
DEKLARASI VARIABEL DALAM VISUAL BASIC 6.0
Kursus Bahasa Inggris
Referensi:
https://docs.microsoft.com/

Segera bergabung : - kursus bahasa Inggris - kursus komputer dengan: Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika ( LPIA ); Alamat LPIA Margonda Jl. Margonda Raya, No.91C (dekat lampu merah flyover pertigaan Arief Rahman Hakim atau depan Autopart Ramanda Depok, sebelah Solite Furniture dan ATTIN TOUR); Kelurahan: Pancoran Mas; Kecamatan : Pancoran Mas; Kota: Depok; Po Box: 16431; Telepon LPIA Depok : (021) 7774443

Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!