Rabu, 18 Maret 2020

Cara Cek Versi PHP

Anda perlu mengetahui cara cek versi PHP jika ingin mengunggah script website ke server hosting. Setiap script website yang ingin Anda jalankan di web server memiliki parameter yang harus dipenuhi. Sebagai contoh, WordPress membutuhkan versi PHP tertentu. Tergantung konfigurasi pada server, beberapa setingan PHP ada yang dapat diubah dan tidak, Anda dapat mengeceknya melalui file phpinfo.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda: Memiliki akses ke server lokal.

Cara Cek Versi PHP dengan Membuat File phpinfo.php

Jika server lokal.yang digunakan tidak menyediakan fitur untuk mengecek info php, Anda dapat membuat sebuah file dan disimpan ke dalam drive lokal. File tersebut akan menampilkan informasi mengenai versi PHP dan informasi PHP lainnya dan dapat diakses melalui browser.

Langkah 1: Membuat File phpinfo

Ada beberapa cara membuat file phpinfo. Pada tutorial ini kami akan membuatnya melalui aplikasi notepad.

  1. Buka aplikasi notepad anda.
  2. Setelah itu silakan copy dan paste kode di bawah ini ke dalam file phpinfo.php
    <?php
    phpinfo();
    ?>
  3. Simpan script diatas dengan nama phpinfo.php di folder utama, misalnya di htdocs, kemudian pada “Save as Type” pilih All Files.

Langkah 2: Cek Info PHP Melalui Browser

Jika Anda mengikuti langkah tutorial ini, file PHP yang dibuat akan berada pada direktori htdocs dengan nama phpinfo.php. Anda sudah bisa akses dan melihat detail versi php server yang digunakan dengan:

  1. ketikkan di browser localhost/phpinfo.php
  2. Ketika mengaksesnya, Anda akan melihat gambar seperti di bawah ini.
  3. Pada halaman ini, kita akan melihat versi dari PHP dan semua infomasi mengenai PHP yang ada pada server lokal PHP kita.

Cara Cek Versi PHP

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Apabila Anda ingin mendapatkan artikel terbaru langsung dikirimkan ke email Anda, silakan untuk Subscribe pada bagian yang sudah disediakan.

referensi:
https://www.niagahoster.co.id/
https://www.rumahweb.com/
https://sinonong.wordpress.com/
http://catatankunet.blogspot.com/


Kursus komputer:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Bagi kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan belajar komputer atau sedang berada dekat LPIA (kursus bahasa Inggris dan kursus komputer).
LPIA menerima pendaftaran siswa baru dan siswa lanjut untuk kursus bahasa Inggris dan kursus Komputer. Yuk, mendaftar!!!